Sering gak denger kalimat kaya gitu pas lagi belanja? Dari kios 3x4m di ITC sampe ke Department Store terkenal minimal 15.000 m2 di mall2 besar slalu aja saya ngedenger kalimat kaya gitu. Dalam hati saya mikir, muka gue muka diskon kali ya? Atau apa ada stempel di jidat gue, "pelanggan khusus diskonan"
Ya mungkin aja lagi ada program promosi jadi mereka harus nyampein berita suka cita ke pelanggan. Tapi gak ada cara lain ya sampe harus ngomong kaya gitu dan dijadiin "senjata" untuk naikkin omzet penjualan. Atau memang ini cara untuk meng"counter attack" budaya menawar? Jadi sebelum ditawar bilang aja duluan kalau ada diskon, seperti itu kali ya?
Saya nyoba nempatin diri saya di posisi mereka. Hmmm ternyata susah juga untuk ngelayanin pelanggan. Yang dilayani sering nanya ini-itu tapi ujungnya gak jadi beli. kalo jadi beli, ngarep trus nanya, "gak ada diskon ya mbak?". Atau kalo masih bisa dikasih diskon pasti ngomong lagi, "kalau ada apa-apa bisa di tuker ya", dengan nada sedikit ngancam. Jadi sebenarnya yang "aneh" yang ngelayanin atau yang dilayanin sih?
Apa masih berlaku istilah pelanggan adalah raja? Peraturan nomor satu: pelanggan tidak pernah salah trus peraturan nomor dua: kalaupun pelanggan pernah salah lihat lagi peraturan nomor satu. Sering karena ngerasa kaya raja trus bisa jadi semena-mena gitu? Nah loh, daripada jadi ribet cari siapa yang "aneh", gimana kalo kita cari cara untuk buat jadi lebih baik sedikit. Mereka yang ngelayanin coba deh untuk gak cuma lihat penampilan luar si calon pelanggan, bisa jadi orang dengan penampilan "kumel" tapi ngantongin 20 juta cuma dicuekin abis-abisan dan sebaliknya orang yang pake Rolex eh tau-taunya palsu di senyumin sampai gak ngedip. Jadi gak usah langsung ngomong tentang diskon. Jelasin aja dulu tentang produknya. Kalo si pelanggan keliatannya mulai tertarik, baru deh kasih tau kalo lagi ada diskon.
Untuk yang dilayanin gimana? Saya pernah ngedenger omongan seseorang bahwa setiap orang adalah salesman. Apapun maksud dari pernyataan tersebut tapi pada intinya setiap salesman akan selalu siap ngelayanin. Kalopun saat ngelayanin di perlakuan buruk apakah perlu ngebales pada saat dilayanin? Jadilah pelanggan yang tidak over acting. Gak perlu ngerasa jadi "raja" karena kalopun kita berbuat baik pasti dibalas dengan kebaikan juga.
Coba diinget2 kapan terakhir kali pas kita jadi orang yang "menyebalkan" buat orang lain. Kalo sudah, trus mikir apa kita bisa jadi lebih baik? Jawab sejujurnya dan jangan didiskon ya jawabannya :)
Kata-kata bodoh dari Your Stupid Buddy:
Boleeeeh kaka......... (*nyengir)
Boleh kakaaaa. Lagi diskon kakaaaa. Liat dulu kakaaaa.
ReplyDeleteOkeh deh kakaaaa :)
Delete